Rancang Bangun Alat Elektrokardiograf (EKG) Sebagai Pemantau Aktifitas Kelistrikan Jantung Dengan Menggunakan Arduino Mega 2560 dan EKG Shield

Wibisono, Eri Agsis Satrio (2018) Rancang Bangun Alat Elektrokardiograf (EKG) Sebagai Pemantau Aktifitas Kelistrikan Jantung Dengan Menggunakan Arduino Mega 2560 dan EKG Shield. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Laporan Proyek Akhir_ERIAGSIS_14507134032.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

EKG shield merupakan komponen utama dalam mengubah sinyal listrik yang dihasilkan oleh jantung, menjadi sinyal digital yang nantinya diolah oleh arduino mega dan ditampilkan hasilnya pada aplikasi di komputer. Tujuan proyek akhir ini adalah untuk merancang dan membangun alat Elektrokardiograf (EKG) sebagai pemantau aktifitas kelistrikan jantung dengan menggunakan arduino mega 2560 dan EKG shield. Perancangan alat EKG sebagai pemantau aktifitas kelistrikan jantung dengan menggunakan arduino mega 2560 dan EKG shield terdiri dari beberapa tahapan yaitu identifikasi kebutuhan, analisis kebutuhan, blok diagram rangkaian, perancangan sistem, langkah pembuatan alat, diagram alir program, pengujian alat, dan pengambilan data. Alat ini menggunakan mikrokontroller arduino mega 2560, elektroda sebagai sensor yang berfungsi untuk mengambil sinyal listrik dari jantung, EKG shield OLIMEX sebagai sub-processing yang berfungsi memproses sinyal listrik dari elektroda, dan software FreeHC digunakan untuk menampilkan hasil gelombang jantung yang telah diproses. Hasil pengujian perancangan alat EKG sebagai pemantau aktifitas kelistrikan jantung ini mampu menampilkan gelombang jantung dengan cukup baik. Setelah dibandingakan dengan alat kalibrasi sinyal jantung di rumah sakit, didapat terdapat kesamaan lebih dari 60% pada gelombang R dan T, sedangkan untuk gelombang P, Q, dan S kesamaan gelombang kurang dari 35%, dan pada pengujian pengukuran BPM terdapat error 5%. Secara keseluruhan alat sudah bisa berfungsi dengan baik dan menampilkan gelombang jantung sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (D3)
Additional Information: Dr. Fatchul Arifin, S.T., M.T. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Elektrokardiograf, Jantung, EKG shield OLIMEX, Arduino, Gelombang PQRST
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > D3 Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Oct 2018 02:47
Last Modified: 29 Jan 2019 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60221

Actions (login required)

View Item View Item