PROTOTYPE ALAT PENURUN NILAI KONSENTRASI GAS KARBON MONOKSIDA PADA RUANG MEROKOK BERBASIS ARDUINO NANO DENGAN METODE PLASMA LUCUTAN KORONA

Triana, Anggi Novi (2018) PROTOTYPE ALAT PENURUN NILAI KONSENTRASI GAS KARBON MONOKSIDA PADA RUANG MEROKOK BERBASIS ARDUINO NANO DENGAN METODE PLASMA LUCUTAN KORONA. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah Proyek Akhir.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembuatan proyek akhir ini bertujuan untuk merealisasikan rancangan rangkaian perangkat keras dan perangkat lunak serta mengetahui unjuk kerja dari suatu Prototype Alat Penurun Nilai Konsentrasi Gas Karbon Monoksida Pada Ruang Merokok Berbasis Arduino Nano Dengan Metode Plasma Lucutan Korona. Alat ini berfungsi untuk mengukur dan menurunkan nilai konsentrasi gas karbon monoksida pada ruang merokok. Metode yang digunakan dalam Prototype Alat Penurun Nilai Konsentrasi Gas Karbon Monoksida Pada Ruang Merokok Berbasis Arduino Nano Dengan Metode Plasma Lucutan Korona menggunakan metode rancang bangun yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu (1) Identifikasi kebutuhan, (2) Analisis kebutuhan, (3) Perancangan sistem, (4) Perancangan perangkat lunak, (5) Pembuatan alat dan (6) Pengujian alat. Alat penurun nilai konsentrasi gas karbon monoksida pada ruang merokok bekerja dengan dikontrol oleh sebuah Arduino Nano. Bahasa pemrograman dibuat menggunakan software Arduino IDE. Hardware pada prototype alat penurun nilai konsentrasi gas karbon monoksida terdiri dari rangkaian input dan output yaitu, sensor MQ 7 untuk mendeteksi gas CO. Tampilan display menggunakan LCD 16x2, serta menggunakan driver flyback untuk mengontrol transformator flyback guna menghasilkan plasma lucutan korona. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa unjuk kerja Prototype Alat Penurun Nilai Konsentrasi Gas Karbon Monoksida Pada Ruang Merokok Berbasis Arduino Nano Dengan Metode Plasma Lucutan Korona secara keseluruhan cukup berfungsi dengan baik, yaitu saat sensor mendeteksi keberadaan gas karbon monoksida maka hasilnya akan diolah oleh Arduino Nano sehingga menghasilkan output sesuai dengan program Arduino. Jika sensor mendeteksi konsentrasi gas karbon monoksida lebih dari 10 ppm maka driver flyback on dan transformator flyback menghasilkan plasma lucutan korona guna menurunkan nilai konsentrasi gas karbon monoksida.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Sensor MQ 7, Arduino Nano, Transformator Flyback, Plasma Lucutan Korona
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > D3 Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Oct 2018 02:30
Last Modified: 29 Jan 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60195

Actions (login required)

View Item View Item