Efektivitas Goal Free Problems dalam Pembelajaran Lingkaran Secara Kolaboratif Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Cognitive Load.

Blegur, Irna Karlina Sensiana (2018) Efektivitas Goal Free Problems dalam Pembelajaran Lingkaran Secara Kolaboratif Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Cognitive Load. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-irna-karlina-sensiana-blegur-16709251064.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan efektivitas: (1) goal free problems bila dibandingkan dengan goal given problems ditinjau dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau cognitive load, (2) strategi pembelajaran kolaboratif dibandingkan dengan strategi pembelajaran individu ditinjau dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau cognitive load, (3) goal free problems yang dipelajari secara kolaboratif dibandingkan goal free problems yang dipelajari secara individu ditinjau dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau cognitive load. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan factorial design 2 X 2: teknik penyajian masalah (goal free problems vs. goal given problems) X strategi pembelajaran (individu vs. kolaboratif). Penelitian dilaksanakan melalui empat fase yakni: fase pengaktifan prior knowledge, introductory phase, acquisition phase, dan test phase. Data terkait kemampuan berpikir tingkat tinggi dikumpulkan melalui tes uraian (Cronbach’s alpha = 669), sedangkan cognitive load menggunakan skala likert 9 titik. Terdapat 75 siswa kelas VIII dari sebuah SMP swasta di kota Kupang, NTT yang terlibat dalam penelitian ini. Seluruh siswa tersebut berusia 13-15 tahun serta belum mempelajari materi sudut pusat dan sudut keliling lingkaran secara klasikal. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan ANCOVA (Analisis Covarians) dengan variabel kovariatnya adalah nilai ujian siswa sebelum penelitian dilaksanakan. Hasil penelitian mendukung hipotesis bahwa goal free problems lebih efektif bila dibandingkan dengan goal given problems ditinjau dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau cognitive load siswa. Dugaan bahwa pembelajaran kolaboratif lebih efektif bila dibandingkan dengan pembelajaran individu tidak terbukti dalam penelitian ini. Ditemukan bahwa pembelajaran kolaboratif tidak lebih baik secara signifikan dibandingkan pembelajaran individu ditinjau dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau cognitive load. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa goal free problems yang dipelajari secara kolaboratif tidak lebih efektif bila dibandingkan dengan goal free problems yang dipelajari secara individu ditinjau dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau cognitive load siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: goal free problems, kolaboratif, cognitive load, lingkaran.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:46
Last Modified: 09 May 2019 09:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60126

Actions (login required)

View Item View Item