IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD N BACIRO, GONDOKUSUMAN, YOGYAKARTA

Munaimah, Riski (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD N BACIRO, GONDOKUSUMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Riski Munaimah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SD N Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta, pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SD N Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta tentu memiliki perencanaan, pelaksanaan serta mengungkap faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di SD N Baciro dari 01 Februari sampai 01 Maret 2018. Sumber data yaitu Narasumber (Informan), Peristiwa, Lokasi, dan Dokumen atau Arsip. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermasn yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Serta dilakukan triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: 1) bahwa perencanaan pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SD N Baciro tertulis pada SK No.188/012 yang berisi tentang Penugasan Guru dalam Tim Minat Baca Warga SD N Baciro Tahun Anggaran 2017, 2) pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SD N Baciro terdapat 3 tahapan yaitu tahapan pembiasaan, tahapan pengembangan, dan tahapan pembelajaran, 3) faktor pendukung adalah adanya dukungan dari pihak dalam dan luar sekolah. Dari pihak sekolah guru dan warga sekolah lainnya berperan dalam mendampingi, memberikan motivasi, menjadi fasilitator, dan menyediakan sarana dan prasarana selama siswa di lingkungan sekolah. Sedangkan peran yang dilakukan oleh orang tua yaitu, orang tua dapat membimbing dan mengawasi putra dan putri selama berada di rumah. Faktor penghambat adalah kurangnya kinerja Tim Literasi Sekolah dan kurangnya buku bacaan yang tersedia kurang sehingga pelaksanaan gerakan literasi belum berjalan secara maksimal. Kata kunci: perencanaan, pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, faktor pendukung dan penghambat, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 06:17
Last Modified: 30 Jan 2019 17:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59866

Actions (login required)

View Item View Item