Agustina, Endri Ani (2018) MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MENGURI, KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Endri Ani Agustina.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa kelas V SD Negeri Menguri, Kulon Progo Tahun Ajaran 2017/2018 melalui metode diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Menguri, Kulon Progo yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 10 siswa putra dan 8 siswa putri. Objek penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan angket. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan penyajian tabel dan persentase. Adapun kriteria keberhasilan adalah lebih dari 75% jumlah siswa memiliki kecerdasan interpersonal dengan kategori tinggi yaitu 61%-80% untuk semua aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD Negeri Menguri. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan meningkatnya pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok dari 80,3% (baik) hingga mencapai 89,2% (sangat baik). Sedangkan, partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok dari 81,3% menjadi 85,8%. Peningkatan kecerdasan interpersonal siswa pada pra tindakan 50%, siklus I 66,66% dan siklus II 77,7% pada kategori tinggi. Kata kunci: kecerdasan interpersonal, metode diskusi kelompok
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 02:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59811 |
Actions (login required)
View Item |