Anindya Yuli Astuti Nazria, Anindya Yuli Astuti Nazria (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI MAN 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
18. ANINDYA YULI_14804241044_P.EKONOMI.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
PLT dalam pengertiannya Praktik Lapangan Terbimbing merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di semua jurusan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan wahana pembentukan tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa kependidikan mengetahui, mengenal, dan memahami lapangan pendidikan, baik di sekolah ataupun lembaga pendidikan lainnya. Tujuan lain mahasiswa praktikan melaksanakan PLT di MAN 1 Yogyakarta adalah memberi kesempatan pada mahasiswa praktikan untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat belajar dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan. Kegiatan PLT terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi yang dilaksanakan pada bulan Maret. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Dalam praktik mengajar, mahasiswa praktikan diberi kesempatan untuk mengajar di kelas X IS 1, 2, dan 3 serta XI IS 2 dengan jumlah mengajar sebanyak 43 kali tatap muka dengan tambahan 1 pengajaran insidental. Dalam pelaksanaannya, praktikan juga mengalami beberapa hambatan yaitu kurang fleksibelnya peminjaman peralatan atau fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki pihak sekolah khususnya kabel LCD yang dapat mendukung proses pembelajaran, adanya siswa yang tidak semangat dalam belajar, dan siswa yang kurang proaktif terhadap materi yang disampaikan. Hambatan tersebut dapat teratasi dengan memodifikasi peralatan dan fasilitas, mencoba mengembangkan pola mengajar yang bervariasi, menjalin komunikasi yang baik dan lancar, dan memberikan motivasi kepada siswa. Mahasiswa praktikan juga senantiasa melakukan konsultasi dengan guru pembimbing untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya. Dari pelaksanaan kegiatan PLT dapat disimpulkan, bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan MAN 1 Yogyakarta
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLT UNY 2017, UNY |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 10 Sep 2018 01:22 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59601 |
Actions (login required)
View Item |