IMPLEMENTASI KURIKULUM HUMANIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD KANISIUS MANGUNAN

Wibawanti, Anita (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM HUMANIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD KANISIUS MANGUNAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ANITA WIBAWANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi kurikulum humanis dalam proses pembelajaran di SD Kanisius Mangunan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Objek penelitian yaitu proses pembelajaran dengan berbasis kurikulum yang disusun sendiri oleh sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclucions drawing/ verification (menarik kesimpulan/ verifikasi). Uji keabsahan data meliputi uji kredibilitas untuk menguji validitas data dan uji dependabilitas untuk menguji reliabilitas data. Uji kredibilitas menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik sedangkan uji dependabilitas menggunakan jenis diachronic reliabilitydengan teknik catatan lapangan dan transkrip wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum humanis di SD Kanisius Mangunan mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Karakteristik kurikulum dengan pendekatan humanistik terlihat dari ketiga tahap tersebut. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan (1)menetapkan visi, misi dan tujuan pendidikan sekolah yang diarahkan untuk membentuk pribadi siswa yang memiliki jiwa eksploratif, kreatif dan integral, dan (2)merombak dan memodifikasi kurikulum KTSP dengan prinsip tematik integratif untuk menyediakan pengalaman belajar yang terpadu dan menyeluruh. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan (1)penggunaan sintaks khusus berupa eksplorasi, penemuan (invention) dan penerapan (application),(2)menetapkan enam nilai karakter khas yang dinternalisasikan melalui pembiasaan dalam pembelajaran di sekolah, kesepakatan kelas dan ditindaklanjuti dalam diskusi kelas serta lembar refleksi, (3)penggunaan strategi dan metode yang beragam dan berprinsip untuk mengaktifkan siswa, kontekstual dan menyenangkan, (4)penggunaan media yang mendukung siswa untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan eksplorasi dan (5)peran guru sebagai fasilitator sekaligus keluarga bagi siswa serta dikembangkannya pola asuh ajrih-asih dan home visit. Penilaian pembelajaran dilakukan dengan (1)berbasis penilaian proses, dan (2)menilai keseluruhan aspek/ranah perkembangan siswa dengan berbagai macam bentuk penilaian serta instrumen penilaian. Kata kunci: Implementasi Kurikulum Humanis, Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2018 06:58
Last Modified: 30 Jan 2019 16:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59391

Actions (login required)

View Item View Item