Nawassyarif, Nawassyarif (2018) Pengembangan Media Video Entrepreneur Sukses untuk Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-nawassyarif-15720251015.swf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan media video untuk meningkatkan pemahaman dalam mengelola usaha kecil atau mikro pada siswa SMK Kelas XII; (2) mengetahui kelayakan media video; (3) mengetahui efektivitas pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan setelah menggunakan media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan produk media video dikembangan dengan menggunakan aplikasi Power Point, Adobe Premier, dan Photoshop. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan yang diadaptasikan dari model Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan, desain, dan pengembangan dilakukan ongoing evaluation sampai menjadi produk awal. Setelah produk awal jadi dilakukan tes alfa oleh ahli materi, dan media untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Tahap berikutnya dilakukan tes beta oleh delapan orang siswa yang mewakili kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Setelah tes beta, dilanjutkan dengan penggunaan produk pada proses pembelajaran di kelas XII AKUTANSI 3 yang berjumlah tiga puluh peserta didik SMK Negeri 7 Yogyakarta. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) produk media video untuk meningkatkan pemahaman dalam mengelola Usaha Kecil atau Mikro pada siswa SMK Kelas XII dihasilkan sesuai model pengembangan Alessi dan Trollip (2001) melalui tiga tahap, yakni perencanaan, perancangan, dan pengembangan; (2) media yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran ditinjau dari media, materi, dan penilaian siswa; (3) produk media yang dikembangkan dinilai efektif karena dapat meningkatkan pemahaman dalam mengelola usaha kecil atau mikro. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai pretest dengan rata-rata 70,83, dan nilai posttest dengan rata-rata nilai 89,16. Persentase ketuntasan belajar siswa 100% (30 siswa). Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video yang dikembangan layak, dan efektif digunakan dalam pembelajaran khususnya pada materi mengelola usaha kecil atau mikro.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media video, entrepreneur, prakarya dan kewirausahaan |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 30 Aug 2018 03:17 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59369 |
Actions (login required)
View Item |