Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Kerjasama Siswa Kelas IV SDN Kemirirejo 3 Magelang

Undaryani, Sri (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Kerjasama Siswa Kelas IV SDN Kemirirejo 3 Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_SRI UNDARYANI_14712251063.compressed.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis Problem Based Learning yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter kerjasama siswa kelas IV SDN Kemirirejo 3, dan menguji keefektifan perangkat pembelajaran tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah desain R&D Borg dan Gall. Uji coba produk meliputi uji ahli, uji coba terbatas, ujicoba diperluas dan uji operasional. Penelitian dilakukan di SDN Kemirirejo 3. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV. Data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, dan tes. Instrumennya berupa panduan wawancara, rating scale, angket validasi kelayakan produk, angket respon guru dan siswa, angket karakter kerjasama, dan tes kemampuan berpikir kritis. Keefektifan produk diuji melalui quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest non- equivalent group design. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif dan kuantitatif melalui uji beda dengan interval kepercayaan sebesar 95%. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, Buku Ajar, LKS, dan instrumen penilaian. Produk dikatakan layak oleh validator dengan rerata skor kelayakan silabus sebesar 40,5; RPP sebesar 73; buku ajar sebesar 56; LKS sebesar 32,5; dan instrumen penilaian sebesar 21,5. Produk yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter kerjasama siswa kelas IV SDN Kemirirejo 3. Hal ini dibuktikan dengan rerata nilai postes kelas eksperimen IVA memperoleh 17,2059, rerata skor post angket 17,2647, dan kelas kontrol IVB reratanya 9,823, skor post angket 14,6471. Perbedaan rerata ini signifikan dengan two-tails significance pada 0,000 untuk uji beda post tes dan post angket kelas eksperimen IVA dengan kelas kontrol IVB. Kata kunci: perangkat pembelajaran tematik integratif, Problem Based Learning, keefektifan, kemampuan berpikir kritis, dan karakter kerjasama.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:27
Last Modified: 08 May 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59300

Actions (login required)

View Item View Item