Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Literasi IPA dan Praktik Peserta Didik SMP sesuai Nature of Science (NoS)

Vitasari, Shita Dwiyanti (2018) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Literasi IPA dan Praktik Peserta Didik SMP sesuai Nature of Science (NoS). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-shita-dwiyanti-vitasari-16708251016.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian IPA yang berupa tes pilihan ganda dalam mengukur kemampuan literasi IPA dan praktik sesuai NoS yang valid dan reliabel, (2) mengidentifikasi karakteristik instrumen penilaian kemampuan literasi IPA dan praktik sesuai NoS, dan (3) mendeskripsikan hasil pengukuran kemampuan literasi IPA dan praktik peserta didik kelas VIII-D SMP N 2 Pare menggunakan instrumen penilaian sesuai NoS yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan instrumen ADDIE dan Mardapi. Tahap pengembangan instrumen dalam penelitian ini meliputi: 1) pernyusunan tes, 2) uji coba tes, dan 3) pengukuran hasiltes. Subjek uji coba tes adalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pare, SMP N 1 Badas, dan SMP N 2 Puncu Kabupaten Kediri. Subjek uji lapangan utama yaitu peserta didik kelas VIII D SMP N 2 Pare. Data dikumpulkan dengan wawancara, angket, dan tes. Instrumen penilaian (tes) berupa pilihan ganda, yang telah divalidasi, diujicobakan pada 226 peserta didik dari tiga SMP di Kabupaten Kediri. Data berupa jawaban siswa dianalisis menggunakan model Rasch dengan software Winsteps3.73. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) instrumen penilaian kemampuan literasi IPA memiliki 36 butir soal yang fit. Instrumen penilaian kemampuan praktik memiliki 34 butir soal yang fit. Instrumen penilaian ini juga telah memenuhi Aiken’s validity content dengan kriteria valid. Reliabilitas instrumen penilaian kemampuan literasi IPA dan praktik memperoleh kriteria baik dan sangat baik.(2) Karakteristik instrumen penilaian adalah butir soal dengan tingkat kesulitan sedang lebih banyak, pengukuran kemampuan peserta didik pada tingkat sedang lebih optimal, dan sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik kelas VIII. (3) Penguasaan kemampuan literasi IPA dan praktik peserta didik kelas VIII D SMP N 2 Pare berada pada tingkat sedang. Korelasi antara kemampuan literasi IPA dan praktikpositif dan sangat kuat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, kemampuan literasi IPA, kemampuan praktik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Aug 2018 01:58
Last Modified: 09 May 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243

Actions (login required)

View Item View Item