Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Siswa Kelas IV

Nugroho, Thomas Adi Tri (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Siswa Kelas IV. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-thomas-adi-tri-nugroho-16712251001.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis mobile yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses siswa, (2) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif berbasis mobile untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dan (3) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif berbasis mobile untuk meningkatkan keterampilan proses siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk uji coba lapangan utama, (8) uji coba lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek uji coba terdiri dari 23 siswa pada tahap uji coba lapangan awal, 46 siswa pada uji coba lapangan utama, dan 80 siswa pada uji coba lapangan operasional yang terbagi dalam kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi pedoman wawancara, lembar validasi penilaian produk, skala respon siswa, skala respon guru, soal tes berpikir kritis, soal tes keterampilan proses. Analisis data yang digunakan yaitu independent sample t-test dan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis mobile. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan “layak” untuk digunakan dengan kategori “sangat baik”. Hasi respon siswa dan guru pada uji coba lapangan awal diperoleh kategori “baik”. Hasil respon siswa dan guru pada pada uji coba lapangan utama dan uji coba lapangan operasional diperoleh kategori “sangat baik”. Hasil uji-t diperoleh nilai sig (p) < 0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan multimedia pembelajaran interaktif berbasis mobile dan yang tidak menggunakan. Multimedia pembelajaran interaktif berbasis mobile yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, mobile, berpikir kritis, keterampilan proses
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Aug 2018 01:42
Last Modified: 09 May 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59237

Actions (login required)

View Item View Item