HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI SEKOLAH DAN DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE GUGUS I SUMBERAGUNG JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012

Nugroho, Wahyu Ardian (2012) HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI SEKOLAH DAN DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE GUGUS I SUMBERAGUNG JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyu Ardian Nugroho.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan belajar di sekolah dan di rumah dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD se Gugus I Sumberagung Jetis Bantul tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif dengan variabel terikat prestasi belajar dan variabel bebasnya adalah kedisiplinan belajar di sekolah dan di rumah. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 289 siswa, subyek penelitian ini berjumlah 74 siswa yang diambil secara sampel acak atau sampel random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kedisiplinan belajar dan dokumentasi nilai ulangan semester gasal siswa kelas IV SD se Gugus I Sumberagung tahun ajaran 2011/2012. Angket kedisiplinan belajar disusun oleh peneliti, dan sebelum digunakan dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas diperoleh 25 item yang sahih dan 10 item yang gugur dengan koefisien reliabilitas untuk variabel kedisiplinan belajar di sekolah 0,870 dan kedisiplinan belajar di rumah 0,825. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mendeskripsikan variabel kedisiplinan belajar, interpretasi skor untuk mendeskripsikan variabel prestasi belajar dan regresi ganda untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Untuk data kedisiplinan belajar di sekolah tingkat kategori sedang memiliki frekuensi paling banyak, sedangkan untuk data kedisiplinan belajar di rumah frekuensi paling banyak juga berada pada tingkat kategori sedang. Rata-rata prestasi belajar siswa 79,10 termasuk dalam kategori sedang. Besarnya kontribusi kedisiplinan belajar di sekolah dan di rumah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah 20,5%. Besarnya hubungan secara parsial antara kedisiplinan belajar di sekolah dengan prestasi belajar adalah 15,5%, sedangkan besarnya hubungan secara parsial antara kedisiplinan belajar di rumah dengan prestasi belajar adalah 14,8%. Dengan demikian, kedisiplinan belajar di sekolah lebih dominan dibandingkan dengan kedisiplinan belajar di rumah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar siswa di sekolah dan di rumah secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa kelas IV SD se Gugus I Sumberagung Jetis Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Kata kunci: kedisiplinan belajar di sekolah dan di rumah, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5910

Actions (login required)

View Item View Item