PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IVB SD N PURO PAKUALAMAN YOGYAKARTA

Nastiti, Titik Triyana (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IVB SD N PURO PAKUALAMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Titik Triyana Nastiti.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IVB SD melalui penerapan model STAD pada mata pelajaran IPA di SD N Puro Pakualaman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Tagart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD N Puro Pakualaman, Yogyakarta yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berupa tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis diskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil nilai rata-rata kelas yang pada siklus I meningkat sebesar 16,44 (kondisi awal sebesar 46,23 menjadi 62,67) dan pada siklus II meningkat sebesar 35,44 (kondisi awal 46,23 menjadi 81,67). Pada siklus I siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan sebesar 13% atau 5 orang siswa (kondisi awal 27% atau 7 orang siswa menjadi 40% atau 12 orang siswa). Pada siklus II meningkat sebesar 66,33% atau 21 orang siswa (kondisi awal 27% atau 7 orang siswa menjadi 93,33% atau 28 orang siswa. Dilihat dari peningkatan setiap siklus dapat dikatakan bahwa penerapan model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IVB SD Negeri Puro Pakualaman Yogyakarta pada mata pelajaran IPA. Kata kunci: prestasi belajar, model STAD, IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5907

Actions (login required)

View Item View Item