Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus Model Jalinan Kemitraan di SMA N 1 Bantul

Kusumawardani, Erma (2018) Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus Model Jalinan Kemitraan di SMA N 1 Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erma-kusumawardani-16704251013.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelibatan orangtua model jalinan kemitraan dan bentuk keterlibatan orangtua dalam penyelenggaraan pendidikan anak di SMA N 1 Bantul . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data terdiri atas orangtua, peserta didik dan pendidik di SMA N 1 Bantul. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, pengamatan, dan dokumentasi. Data penelitian di analisis menggunakan teknik analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Instrumen dalam penelitian ini peneliti yang dibantu dengan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan dua teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelibatan orangtua melalui model jalinan kemitraan di SMA N 1 Bantul terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan terbagi menjadi dua kegiatan yaitu kegiatan analisis kebutuhan dan penyusunan rencana aksi program kemitraan. Adapun kegiatan yang sudah terlaksana antara lain pertemuan wali kelas dan orangtua, paguyuban orangtua, kelas orangtua, kelas inspirasi, pentas akhir tahun dan penumbuhan budi pekerti. Tahap evaluasi dilakukan secara internal dan eksternal. Pelaksanaan pelibatan orangtua tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambat baik dari orangtua maupun sekolah. Selanjutnya bentuk keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak sekolah menengah atas menunjukan bahwa pandangan orangtua terhadap keterlibatan dalam pendidikan terbagi menjadi dua yaitu secara klasikal dan modern. Klasikal hanya fokus pada proses belajar anak, sedangkan modern lebih pada pemaknaan proses belajar. Bentuk keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak dapat dilihat dari bentuk dukungan orangtua dalam kegiatan di sekolah dan di rumah. Kedua aktivitas keterlibatan kemudian dikelompokan menjadi tiga yaitu pembiasaan, akademik dan konsep diri. Beberapa alasan orangtua terlibat dalam pendidikan anak di usia remaja antara lain sebagai kewajiban orangtua, menumbuhkan ikap dan perilaku positif anak, kondisi anak di masa peralihan, capaian tujuan dalam mendidik anak dan sebagai partner guru. Manfaat dari keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak di usia remaja dirasakan oleh orangtua, peserta didik dan juga sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Orangtua, Pendidikan, Remaja, Model Kemitraan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Aug 2018 04:24
Last Modified: 09 May 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58477

Actions (login required)

View Item View Item