LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN

Agus Kurniawan, Agus Kurniawan (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Sosiologi_Agus Kurniawan_14413241035.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) 2017 dilaksanakan di SMAN 1 Jogonalan, bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dalam rangka melatih dan mengembangkan potensi keguruan atau kependidikan. Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan melaksanakan praktik pembelajaran kelas, serta dapat digunakan oleh mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata disekolah. Selain itu, PLT dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan berbagai pihak, ditemukan beberapa persoalan atau permasalahan yang ada di SMA N 1 Jogonalan. Melihat situasi dan kondisi tersebut, maka dibentuk suatu rancangan program kerja PLT sebagai upaya menangani permasalahan yang ada. Program Kerja Praktik Pengalaman Lapangan (PLT) yang dirancang meliputi: pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), analisis ulangan harian, pembuatan media dan pemilihan metode pembelajaran yang menarik. Secara keseluruhan program kerja PLT dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Hasil dari program kerja meliputi: terbuatnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan analisis ulangan harian, penggunaan media dan metode pembelajaran yang menarik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Adapun mahasiswa UNY yang melaksanakan PLT di SMA Negeri 1 Jogonalan berjumlah 12 orang, yang terdiri dari 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, dan 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.Dalam pelaksanaan PLT penyusun mendapat kesempatan mengajar di kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY, Sosiologi, SMA 1 Jogonalan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2018 03:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58219

Actions (login required)

View Item View Item