ADIATMA IKHSAN YUSRIZAL PUTRANTO, ADIATMA IKHSAN YUSRIZAL PUTRANTO (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
PJKR_Adiatma Ikhsan YP_14601244012.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 September – 15 November 2017 merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk merasakan pengalaman mengajar yang nyata serta wadah untuk meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PLT yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar, mengharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester ganjil tahun 2017 ini adalah di SMA Negeri 1 Jogonalan. Adapun mahasiswa UNY yang melaksanakan PLT di SMA Negeri 1 Jogonalan berjumlah 12 orang, yang terdiri dari 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, dan 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Rancangan kegiatan PLT terdiri dari persiapan PLT, pelaksanaan PLT, dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2017. Pembuatan Persiapan Mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, dan media pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal 15 September 2017. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 8 pertemuan di beberapa kelas yakni XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 4, XI IPS 3, dan X IPS 4. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Pendidikan Jasmani dengan materi ajar yaitu: permainan sepak bola, senam aerobik, kebugaran jasmani, permainan bola basket, loncat kangkang, loncat jongkok, dan permainan bulutangkis. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah saintifik, ceramah dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah gambar, audio, dan video. Alat yang digunakan adalah speaker, LCD proyektor, dan papan tulis. Secara umum, program-program PLT yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PLT adalah minimnya pengalaman mengajar. Ketika mengajar, cara mengkondisikan siswa. Mahasiswa masih berusaha untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dimana materi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa dan terciptanya suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Untuk mengatasi hambatan tersebut, minimnya pengalaman mengajar. Ketika mengajar, mahasiswa masih berusaha untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dimana materi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa dan terciptanya suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Mahasiswa lebih aktif atau pendekatan dengan siswa yang lebih instensif dan selalu berkonsultasi dengan guru pendidikan jasmani yang bersangkutan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLT, Pendidikan Jasmani, SMA Negeri 1 Jogonalan |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 18 Aug 2018 03:11 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58217 |
Actions (login required)
View Item |