Mirrota, Dita Dzata (2018) Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis SETS Berbantuan Android terhadap Scientific Literacy dan Cross Disciplinary Knowledge Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-dita-dzata-mirrota-15708251019.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitianini bertujuan untuk mengujipengaruh antara pembelajaran IPA berbasis SETS berbantuan Android terhadap Scientific Literacy dan cross- disciplinary knowledge peserta didik kelas VII di Kabupaten Jombang. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretes- posttest group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP/MTs di Kabupaten Jombang. Sampel penelitian dipilih berdasarkan stratifikasi sekolah. Sekolah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SMP Negeri 2 Jombang dengan kategori tinggi,MTs al Urwatul Wutsqo Jombangdengan kategori sedang, dan SMP Negeri 1 Mojowarno Jombang dengan kategori rendah. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran berbasis SETS dengan bantuan media Android. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara, soal pretestdan posttest dalam bentuk pilihan majemuk beralasan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berbasis SETS berbantuan Android berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan Scientific Literacydan Cross Disciplinary Knowledgepeserta didikkelas VII SMP/MTs di Kabupaten Jombang. Hasil ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk pada sekolah kategori tinggi dan sedang serta 0,001 pada sekolah kategori rendah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPA, SETS, Android, Science literacy, Cross Disciplinary Knowledge |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 02:55 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58046 |
Actions (login required)
View Item |