PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SD NEGERI GEDONGKUNING, KOTA YOGYAKARTA

Evayanti, Dewi (2018) PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SD NEGERI GEDONGKUNING, KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dewi Evayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter disiplin di SD Negeri Gedongkuning melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Penelitian ini difokuskan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta nilai-nilai kedisiplinan dalam kepramukaan juga manfaat kepramukaan bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gedongkuning, Kota Yogyakarta pada saat kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina ekstrakurikuler kepramukaan, guru wali kelas III s.d. V, serta siswa kelas III s.d. V. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah analisis data dilakukan dengan analisis induktif model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan/verifikasi. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang mencakup triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan tahap perencanaan meliputi penyusunan prodik, materi kegiatan latihan rutin, pembuatan peraturan, pembuatan buku presensi, dan mengadakan sosialisasi seragam kepada orangtua siswa. Kegiatan yang direncanakan dalam prodik sudah terlaksana dan dapat diikuti siswa dengan baik. Karakter disiplin sudah terlihat, diantaranya siswa hadir di halaman sekolah sebelum peluit berbunyi, siswa berpakaian rapi dan lengkap sesuai golongannya, dan siswa menaati peraturan. Kegiatan evaluasi yang meliputi evaluasi materi (pengetahuan), keterampilan, dan kedisiplinan, dilakukan saat kegiatan latihan rutin. Nilai-nilai disiplin yang dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan antara lain: nilai ketaatan, nilai ketertiban, nilai kepatuhan, nilai kesetiaan, dan nilai keteraturan. Manfaat ekstrakurikuler kepramukaan bagi siswa adalah membantu mengembangkan karakter dalam diri siswa melalui latihan-latihan kepribadian yang ada dalam kepramukaan. Kata Kunci: pendidikan karakter, disiplin, ekstrakurikuler kepramukaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jul 2018 02:34
Last Modified: 30 Jan 2019 16:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57639

Actions (login required)

View Item View Item