Purbowiseso, Kholifatulloh (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN TUGAS DALAM KELOMPOK KECIL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD N JLABAN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Kholifatulloh Purbowiseso.pdf Download (48kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui pemberian tugas dalam kelompok kecil pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Jlaban Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus melalui empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jlaban yang berjumlah 21 siswa, 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes.Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa melalui pemberian tugas dalam kelompok kecil pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV SD Negeri Jlaban Kulon Progo. Peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 2,85% (dari pertemuan sebelum tindakan 61,90% meningkat 64,75%). Peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus II sebesar 16,19% dari motivasi belajar siswa pada siklus I 64,75 % meningkat menjadi 80,94%. Rata-rata motivasi siswa pada siklus I dan siklus II juga meningkat dari 63,32% menjadi 81,42% atau meningkat 18,1%. Kata kunci: motivasi belajar, metode pemberian tugas dalam kelompok kecil, bahasa indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 17 Sep 2012 08:26 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5725 |
Actions (login required)
View Item |