PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 WATES KABUPATEN KULON PROGO

Damayanti, Anisa (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Anisa Damayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS menggunakan metode pembelajaranscramble pada siswa kelas V SD Negeri 2 Wates Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Wates yang berjumlah 36 siswa. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimal 75% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu nilai 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Wates dengan menggunakan metode pembelajaran scramble. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajarIPS siswa dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada pra tindakan diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 27,74%, siklus Idiperoleh ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 52,78%, dan pada siklus II diperoleh peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 88,89%. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan ke siklus I sebesar 24,53% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 52,27%. Jadi, metode pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Wates. Kata kunci:hasil belajar, scramble, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 May 2018 03:32
Last Modified: 30 Jan 2019 16:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57041

Actions (login required)

View Item View Item