PERBEDAAN UMPAN BALIK VERBAL DENGAN UMPAN BALIK VIDEO PADA PEMBELAJARAN TEKNIK MELUNCUR RENANG GAYA CRAWL KELAS X SMK YPKK 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Almi, Rian Satria (2018) PERBEDAAN UMPAN BALIK VERBAL DENGAN UMPAN BALIK VIDEO PADA PEMBELAJARAN TEKNIK MELUNCUR RENANG GAYA CRAWL KELAS X SMK YPKK 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Rian Satria Almi_14601241033.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan umpan balik verbal dan umpan balik video, untuk mengetahui perbedaan umpan verbal dengan umpan balik video dengan komputer tablet dalam pembelajaran teknik meluncur renang gaya Crawl. Desaian penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan metode tes. Teknik pengambilan data menggunakan tes akhir pertemuan. Dengan menggunakan pre-test untuk pembagian kelompok sebelum diberikan treatment, pembagian kelompokm menggunakan sistem “ABBA” yaitu kelompok A merupakan kelompok yang diberikan treatment berupa umpan balik verbal dan kelompok B diberikan teratment umpan balik video. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan dengan materi meluncur renang gaya crawl. Teknik analisis data menggunakan analisis uji Kruskal Wallis, melalui uji prasyarat analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji Kruskal Wallis diperoleh nilai signifikan adalah 0.852, karena signifikan > 0.05 maka Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberikan umpan balik verbal maupun umpan balik video. Pada Mean Rank dapat diketahui bahwa peringkat rata-rata hasil belajar kelomok umpan balik verbal 19.18. sedangkan umpan balik video 19.82, jadi dapat dikatakan peringkat kelompok umpan balik video lebih tinggi dari pada umpan balik verbal. Jadi hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara metode belajar umpan balik verbal dengan umpan balik video.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: umpan balik berbal, umpan balik video, renang, gaya crawl
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 May 2018 04:29
Last Modified: 30 Jan 2019 16:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57038

Actions (login required)

View Item View Item