PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI RAMBU LALU LINTAS MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS IV DI SLB CI DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA

Anna, Riska Lovy Etsria Putri (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI RAMBU LALU LINTAS MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS IV DI SLB CI DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103244013_ANNA RISKA LOVY ETSRIA PUTRI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami rambu lalu lintas melalui media film animasi pada anak tunagrahita kategori ringan kelas IV di SLB CI Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu seorang anak tunagrahita kategori ringan kelas IV di SLB CI Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan memahami rambu lalu lintas, observasi terhadap partisipasi siswa, dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik komparatif, yaitu dengan membandingkan antara skor post-test dan skor pre-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media film animasi dapat meningkatkan kemampuan memahami rambu lalu lintas pada anak tunagrahita kategori ringan kelas IV di SLB CI Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pada subjek ZUM sebesar 34%, dari skor kemampuan awal sebesar 42 dengan kategori kurang menjadi 76 dengan kategori baik pada pasca tindakan siklus I. Peningkatan pada siklus I dilakukan dengan menerapkan media film animasi pada pembelajaran tentang rambu lalu lintas. Hasil pada pasca tindakan siklus I sudah memenuhi kriteria keberhasilan, namun hasilnya belum optimal. Pada tindakan siklus II dilakukan modifikasi dengan memberikan reward pada subjek, dan pelaksanaan tindakan dilakukan dalam ruang khusus. Peningkatan kemampuan subjek ZUM pada siklus II yaitu sebesar 46%, dari kemampuan awal 42 dengan kategori kurang menjadi 88, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil observasi terhadap partisipasi belajar siswa, anak tunagrahita kategori ringan lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan skor rata-rata hasil observasi partisipasi siswa yang menunjukkan kategori sangat baik, yaitu sebesar 88,19 pada siklus I dan 94,79 pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 04 May 2018 04:04
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56897

Actions (login required)

View Item View Item