UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MANDIRAJA KULON

Astuti, Annisa Mulia (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MANDIRAJA KULON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Annisa Mulia Astuti.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan keterampilan menuliskarangan deskripsi siswa kelas III SD Negeri 3 Mandiraja Kulon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Mandiraja Kulon yang berjumlah 38 siswa terdiri dari 18 perempuan dan 20 lakilaki. Model penelitian Tindakan Kemmis & Teggart. Metode pengumpulan data yaitu tes. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Pada siklus I pembelajaran menulis karangan deskripsi dilaksanakan dengan tugas individu membuat karangan deskripsi sesuai dengan pengalaman yang menarik bagi siswa. Pada siklus II pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan cara tugas kelompok siswa menggunakan permainan puzzle bergambar kegemaran dan siswa membuat karangan deskripsi berdasarkan gambar tersebut. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SD Negeri 3 Mandiraja Kulon. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus I sebesar 4,89, kondisi awal 61,03 meningkat menjadi 65,92 dan pada siklus II meningkat sebesar 5,08, kondisi awal 65,92 meningkat menjadi 71. Kata kunci:Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Kelas III SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item View Item