Probowati, Dewi (2018) KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH BAYAN KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, PGSD.
Text
Dewi Probowati.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar IPS antara kelas yang diajar dengan metode permainan dan metode ceramah, serta membandingkan keefektifan metode permainan dan metode ceramah terhadap minat belajar IPS siswa kelas III SD Muhammadiyah Bayan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Bayan yang terdiri dari 48 siswa. Objek penelitian ini yaitu minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta skala minat untuk pre-test dan post-test. Validitas instrumen melalui expert judgment dan validitas secara empirik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan minat belajar IPS antara kelas yang diajar dengan metode permainan dan metode ceramah (thitung = 2,187 > ttabel = 2,01). Hasil uji-t pada peningkatan minat belajar siswa juga menunjukkan nilai thitung> ttabel (3,892 > 2,01), sehingga dapat disimpulkan bahwa metode permainan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kata kunci: minat belajar, metode permainan, IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 07:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56800 |
Actions (login required)
View Item |