PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN ART AND DESIGN SDIT INTERNASIONAL LUQMAN AL HAKIM BANTUL

Sigit Setyawan, Sigit (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN ART AND DESIGN SDIT INTERNASIONAL LUQMAN AL HAKIM BANTUL. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak-Sigit-Setyawan.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN ART AND DESIGN SDIT INTERNASIONAL LUQMAN AL HAKIM BANTUL Oleh Sigit Setyawan NIM 05206241017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran art and design di Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Bantul. Permasalahan pokok di dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri dan penilaian autentik pada mata pelajaran art and design kelas tiga Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Bantul. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung saat proses pembelajaran art and design dengan menerapkan model inkuiri dan penilaian autentik. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah dan Guru pengajar mata pelajaran art and design Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Bantul. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan empat alur secara berurutan yaitu: penyusunan dan reduksi data, penyajian data, pengolahan dan verifikasi data, dan menarik kesimpulan data. Untuk keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran art and design di Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Bantul yaitu: (1) Penerapan model inkuiri pada mata pelajaran art and design meliputi: (a) Pengelolaan materi pelajaran. (b) Proses pembelajaran yang meliputi eksplorasi dan membangun ide, pembuatan karya, serta evaluasi dan apresiasi hasil karya. (2) Penerapan penilaian autentik pada mata pelajaran art and design dilihat dari: (a) Penggunaan jenis proyek dan tertulis secara lengkap. (b) Proses penilaian melalui observasi intensif, wawancara kepada siswa, dan tes (c) Hasil akhir penilaian menunjukkan adanya variasi pada setiap kriteria penilaian. Dengan demikian model inkuiri dan penilaian autentik sangat mendukung untuk pembelajaran art and design di Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:32
Last Modified: 29 Jan 2019 16:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5676

Actions (login required)

View Item View Item