Prasmawati, Anna Ariesta (2018) PEMANFAATAN INTERNET SAFETY SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAYA PADA ANAK SD DI “KAMPOENG CYBER RT 36” TAMANSARI YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
Text
Anna Ariesta Prasmawati.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan internet safety sebagai sumber belajar khususnya pada anak usia SD di Kampoeng Cyber, sebuah kampung kecil di kompleks wisata Tamansari, yang lapisan masyarakatnya melek teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data penelitian adalah pendiri Kampoeng Cyber sendiri, orang tua anak SD, 2 anak SD, dan lingkungan. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen pokok dalam penelitian adalah peneliti, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman serta sikap anak SD terhadap konsep internet sebagai sumber belajar sudah baik, anak sudah lancar dan sikap anak sangat peka, terbuka terhadap teknologi. Anak mengetahui cara memanfaatkan internet sebagai sumber belajar awalnya dengan bimbingan orangtua, anak dapat mengerti bahwa internet juga bermanfaat salah satunya untuk mengerjakan tugas/PR. Ketersediaan sarana internet safety sudah mendukung dalam pemanfaatannya ketika digunakan sebagai sumber belajar. Anak menggunakan internet sebagai sumber belajar dengan sederhana, yaitu hanya sekedar membaca, tanpa melakukan pengunduhan. Namun,anak masih cenderung sangat intens menggunakan internet sebagai sumber hiburan(game/media sosial) daripada sebagai sumber belajar. Fenomena ini tetap ditanggapi orangtua dengan positif, dimana orangtua menilai bahwa pendidikan dan pembelajaran dapat di dapat dari berbagai cara untuk pengembangan potensi anak. Orangtua merasa puas dengan layanan internet safety di Kampoeng Cyber dan mendukung berbagai program lain yang dapat semakin menambah pengetahuan/kemudahan anak dalam menggunakan internet safety sebagai penunjang proses pembelajaran diluar sekolah. Kata kunci: pemanfaatan, cyber,internet safety, sumber belajar, SD
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 16 Apr 2018 07:27 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56632 |
Actions (login required)
View Item |