PERANAN PEKERJA SOSIAL DALAM PELAKSAAN PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN LANJUT USIA DI BADAN PELAYANAN SOSIAL TRESNA WERDHA UNIT ABIYOSO, SLEMAN DIY (STUDI KASUS: KEMANDIRIAN LANJUT USIA)

Puput Desiyanti, Puput (2018) PERANAN PEKERJA SOSIAL DALAM PELAKSAAN PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN LANJUT USIA DI BADAN PELAYANAN SOSIAL TRESNA WERDHA UNIT ABIYOSO, SLEMAN DIY (STUDI KASUS: KEMANDIRIAN LANJUT USIA). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_PUPUT DESIYANTI_13102244006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peranan Pekerja Sosial Dalam Pelaksanakaan Pendampingan Untuk Meningkatkan Kemandirian Lansia di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Unit Abiyoso Yogyakarta, 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Peranan Pekerja Sosial Dalam Pelaksanakaan Pendampingan Untuk Meningkatkan Kemandirian Lansia di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Unit Abiyoso YogyakartaPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Subyek penelitian yaitu Pekerja Sosial BPSTW, Pramurukti BPSTW, Lanjut Usia di BPSTW, Lanjut Usia di BPSTW. Peneliti merupakan instrument utama dalam penelitian ini yang dibantu dengan pedoman observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. `Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pekerja sosial memiliki peran penting dan berkontribusi dalam pelaksanaan program maupun kegiatan yang diadakan di Badan Pelayanan Sosial Tresna Werdha unit Abiyoso dan pernanadari pekerja sosial lebih di fokuskan pada program khusus yang meliputi perencanan kegiatan, pendampingan dan pelaksana kegiatan, konsultan, pengawas kegiatan. 2) Faktor Pendukung Pelaksanaan Pendampingan Pekerja Sosial dalam Meningkatkan Kemandirian Lanjut Usia di Tresna Werdha unit Abiyoso adalah adanya kepercayaan dari masyarakat, fasilitas yang memadai, adanya kerjasama multipihak(jejaring sosial), lansia yang memiliki kesehatan fisik yang baik. Faktor Penghambat Pelaksanaan Pendampingan Pekerja Sosial dalam Meningkatkan Kemandirian Lanjut Usia di Tresna Werdha unit Abiyoso adalah karateristik lansia yang berbeda-beda, rasio petugas dan clien yang tidak ideal, kompetensi (SDM) pekerja sosial yang berbeda-beda. Kata Kunci: Peranan Pekerja Sosial, Kemandirian dan Lansia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 11 Apr 2018 06:30
Last Modified: 30 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56548

Actions (login required)

View Item View Item