PENGUATAN FUNGSI TAMAN BACAAN SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT MATA AKSARA

Widi Prasetyo Nugroho, Widi (2018) PENGUATAN FUNGSI TAMAN BACAAN SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT MATA AKSARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Widi Prasetyo Nugroho_13102244004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penguatan fungsi taman bacaan di TBM Mata Aksara, (2) penguatan fungsi taman bacaan sebagai pusat sumber belajar di TBM, (3) Faktor pendukung dan penghambat taman bacaan sebagai pusat sumber belajar di TBM Mata Aksara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di TBM Mata Aksara yang beralamat di jalan Kaliurang km 14 No. 15A, Tegal Manding, Sleman, Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah Ketua, 6 pengelola, dan 4 pengunjung TBM. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penguatan fungsi TBM Mata Aksara dilakukan melalui identifikasi kebutuhan belajar masyarakat yang meliputi penyeleksian kebutuhan belajar masyarakat, pencatatan, pengadministrasian; melakukan pengembangan kualitas pengelola seperti studybanding, pelatihan dan bimbingan teknik; menjalin kemitraan. (2) Sebagai sumber belajar TBM memberikan layanan, program dan kegiatan belajar, pemenuhan kebutuhan buku dan fasilitas pendukung. (3) Faktor pendukung sebagai sumber belajar adalah minat masyarakat tinggi, koleksi buku dan bahan pustaka, serta fasilitas TBM. Faktor penghambat, yaitu kekurangan tenaga pengelola, lokasi, dan pendanaan atau operasional kegiatan. Kata Kunci: Penguatan TBM, Sumber Belajar, Taman Bacaan Masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 11 Apr 2018 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56545

Actions (login required)

View Item View Item