PERAN DAN UPAYA BADAN PENASEHATAN, PEMBINAAN, DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DALAM MENDIDIK MASYARAKAT MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH(STUDI DI BP4 KECAMATAN DANUREJAN)

Nurul Rizki Amalia, Nurul (2018) PERAN DAN UPAYA BADAN PENASEHATAN, PEMBINAAN, DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DALAM MENDIDIK MASYARAKAT MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH(STUDI DI BP4 KECAMATAN DANUREJAN). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Nurul Rizki Amalia_13102241044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran BP4 Danurejan dalam mendidik masyarakat mewujudkan keluarga sakinah, (2) upaya BP4 Danurejan dalam mendidik masyarakat mewujudkan keluarga sakinah, dan (3) faktor pendukung serta penghambat upaya BP4 Danurejan dalam mendidik masyarakat mewujudkan keluarga sakinah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Setting penelitian yakni aktivitas di BP4 Danurejan. Informan dalam penelitian ini adalah kepala KUA Danurejan; pengurus BP4 Danurejan, penasehat BP4 Danurejan, dan penerima layanan BP4 Danurejan. Dalam penelitian ini, peneliti merupakan instrumen utama yang dibantu dengan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran BP4 Danurejan dalam mendidik masyarakat mewujudkan keluarga sakinah meliputi: sebagai lembaga yang membina dan menyiapkan calon pengantin menuju perkawinan, sebagai pembina masyarakat agar tercipta keluarga sakinah dan melaksanakan agamanya dengan baik, sebagai tempat untuk berkonsultasi terkait permasalahan perkawinan; 2) upaya BP4 Danurejan dalam mendidik masyarakat mewujudkan keluarga sakinah terbagi menjadi dua: yaitu untuk masa praperkawinan dengan mengadakan: a) Penasehatan Pranikah yang ditujukan untuk membina calon pengantin menjelang perkawinan, b) Konseling Terpadu yang berupa penyuluhan tentang pernikahan pada remaja usia siap menikah; serta untuk masa pascaperkawinan yaitu: c) Pembinaan dan Konsultasi Keluarga yang berupa pemberian wadah untuk berkonsultasi bagi suami dan istri. 3) faktor pendukung peran dan upaya BP4 Danurejan mewujudkan keluarga sakinah ialah tingginya semangat, keaktifan, serta rasa tanggung jawab pengurus dan penasehat BP4 Danurejan meskipun usia telah lanjut dan bersifat sukarela (tidak menerima gaji). Adapun faktor penghambat meliputi: waktu pelaksanaan program yang belum sesuai dengan standar, kurangnya dukungan pemerintah dari segi regulasi, belum adanya sumber anggaran yang tetap, kesulitan dalam mencari kader penasehat, serta tidak adanya forum pertemuan untuk BP4 kecamatan se-Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 10 Apr 2018 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56508

Actions (login required)

View Item View Item