PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PEMBINAANKETERAMPILAN MEMBATIK PADA WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN (LPP) KELAS II B YOGYAKARTA

Siska Ismawanti, Siska (2018) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PEMBINAANKETERAMPILAN MEMBATIK PADA WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN (LPP) KELAS II B YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI FULL SIS EDIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan Pemberdayaan Perempuan melalui Pembinaan Keterampilan Membatik, (2) Hasil dari Pelaksanaan Pemberdayaan Perempuan melalui Pembinaan Keterampilan Membatik, (3) Faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan Pemberdayaan Perempuan melalui Pembinaan Keterampilan Membatik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Petugas Pemasyarakatan, Pembina Teknis/Instruktur, dan Warga Binaan Pemasyarakatan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian ini yang dibantu dengan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu reduksi dalam display data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Pemberdayaan Perempuan melalui Pembinaan Keterampilan Membatik pada Warga Binaan Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II B Yogakarta dilakukan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, (2) Hasil dari pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui pembinaan keterampilan membatik dapat dibagi menjadi dua yaitu perubahan sikap, dan perubahan keterampilan. Perubahan sikap antara lain (a) memiliki kepercayaan diri dan optimis akan masadepannya, (b) patuh terhadap peraturan dan hukum yang berlaku, (c) memiliki motivasi yang tinggi untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan perubahan keterampilan yang mereka dapat adalah peningkatan keterampilan membatik. (3) Faktor pendukung dari pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui keterampilan membatik antara lain (a) tersedianya sarana dan prasarana, (b) adanya dana kegiatan yang menunjang pembinaan keterampilan membatik, (c) adanya partisipasi Petugas Lembaga Pemasyarakatan dalam mefasilitasi kegiatan, (d) adanya kegiatan lain di Luar Lapas, (e) kreatifitas dan ide yang dimiliki warga binaan perempuan. Faktor penghambat yaitu (a) kurangnya motivasi dalam pelaksanaan kegiatan, (b)jadwal kegiatan yang belum tetap, (c) kesiapan warga binaan dalam pelaksanaan kegiatan, (d) belum adanya mitra untuk melakukan kerja sama pemasaran hasil batik warga binaan perempuan. Kata Kunci: Pemberdayaan Perempuan, Pembinaan Keterampilan Membatik, Warga Binaan Perempuan, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:37
Last Modified: 30 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56496

Actions (login required)

View Item View Item