PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DI KELAS V SD NEGERI 3 PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Ambarsari, Ria (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DI KELAS V SD NEGERI 3 PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
RIA AMBARSARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan saintifik kurikulum 2013 di kelas V SD Negeri 3 Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan peserta didik kelas V. Setting penelitian ini di kelas V SD Negeri 3 Pengasih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan saintifik di kelas V SD Negeri 3 Pengasih Kabupaten Kulon Progo dilakukan melalui kegiatan ilmiah. Kegiatan tersebut antara lain kegiatan mengamati, menanya, mencoba/ mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasi. Kegiatan-kegiatan dalam pendekatan saintifik secara keseluruhan terlaksana dengan baik. Guru mengembangkan kompetensi yang ada pada kurikulum 2013 yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dimiliki peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran, pendekatan saintifik, kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Apr 2018 02:54
Last Modified: 30 Jan 2019 16:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56458

Actions (login required)

View Item View Item