IMPLEMENTASI PROGRAM MARKET DAY SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN SISWA SDIT ALAM NURUL ISLAM

Pratitis, Manisya Lis (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM MARKET DAY SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN SISWA SDIT ALAM NURUL ISLAM. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
manisya lis pratitis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi program market day, 2)mendeskripsikan hasil ketercapaian program market day sebagai sarana mengembangkan karakter kewirausahaan siswa SDIT Alam Nurul Islam. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitattif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Setting penelitian di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta pada bulan September sampai November 2017. Subyek penelitian adalah guru, penanggungjawab program market day, kepala sekolah, orang tua, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta asesmen diri. Instrumen pengumpulan data menggunakan kisi-kisi pedoman wawancara dan observasi serta angket penilain diri. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDIT Alam Nurul Islam melaksanakan program market day sebagai salah satu program dari kurikulum pengembangan diri. Program market day memiliki lima tahapan pelaksanaan yakni tahap eksplorasi, tahap perencanaan, tahap produksi, tahap penjualan, dan tahap refleksi. Hasil ketercapaian program market day menunjukan peningkatan secara keseluruhan dari nilai-nilai karakter kewirausahaan sesuai dengan tingkatan kelas. Pada kelas rendah, karakter mandiri, kepemimpinan, dan kerja keras dinilai tergolong kurang. Namun, karakter kreatif, berorientasi pada tindakan, dan percaya diri mencapai kategori nilai presentasi cukup. Karakter berani mengambil resiko pada kelas rendah memperoleh kategori baik. Sedangkan pada kelas tinggi, seluruh karakter seperti mandiri, kreatif, berani mengambil resiko , berorientasi pada tindakan, kepemimpinan, kerja keras, dan percaya diri memiliki dinilai tergolong baik. Kata kunci: karakter kewirausahaan, market day, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Apr 2018 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 16:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56457

Actions (login required)

View Item View Item