LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Diah Yuliasih, Diah Yuliasih (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
P.Adp_15802247003_Diah Yuliasih.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu kegiatan berupa magang III yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta di sekolah-sekolah yang sudah bekerjasama dengan UNY. Pada kesempatan ini, penulis melaksanakan PLT di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Tujuan diadakannya Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini yaitu 1) untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar, 2) untuk melatih mahasiswa agar memiliki wawasan mengenai administrasi guru, dan 3) untuk melatih mahasiswa agar dapat menjadi seorang pendidik yang profesional. Metode pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) melalui beberapa tahap yaitu 1) menyerahkan mahasiswa PLT UNY ke SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo pada tanggal 1 Maret 2017 dan melakukan observasi sekolah minimal 8 kali sebelum penerjunan PLT, 2) Penerjunan mahasiswa PLT UNY ke SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo pada tanggal 16 September 2017, 3) Persiapan administrasi guru, seperti matriks, program tahunan, program semester, silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), daftar hadir siswa, format penilaian dan analisis nilai hasil belajar siswa, 4) Proses pembelajaran, dibedakan menjadi 2, yaitu pembelajaran terbimbing, dimana mahasisawa PLT melaksanakan proses pembelajaran di kelas yang didampingi oleh guru pembimbing dan pembelajaran mandiri yaitu mahasiswa PLT melaksanakan proses pembelajaran di kelas tanpa diawasi oleh guru pembimbing. Pada akhir proses pembelajaran, mahasiswa harus melakukan analisis penilaian hasil belajar, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Hasil dari penerapan metode pelaksanaan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yaitu: 1) mahasiswa PLT mendapatkan pengalaman yang nyata tentang proses pembelajaran, 2) mahasiswa PLT dapat menerapkan ilmu yang didapatkan dari kampus pada PLT di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo dalam pembuatan silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), 3) mahasiswa PLT juga mendapatkan ilmu baru mengenai administrasi guru seperti program tahunan, program semester, analisis nilai dan analisis butir soal, 4) mahasiswa PLT mendapat banyak pelajaran selama 2 bulan (16 September 2017 s.d 18 November 2017) di SMK YPE Sawunggalih.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Kependidikan, SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Mar 2018 06:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56218

Actions (login required)

View Item View Item