LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Amrizal Tanjung Cemerlang, Amrizal Tanjung Cemerlang (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14803244018_AMRIZAL TANJUNG CEMERLANG_PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Magang III atau Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal mengajar. Selaras dengan pengertian tersebut, tujuan utama dari kegiatan Magang III atau PLT ini adalah mengembangkan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa sebagai calon guru didalam proses transfer ilmu kepada peserta didik serta memberikan pengalaman yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk mempermudah adaptasi mahasiswa ketika memasuki dunia kerja pada instansi pendidikan. Sebelum melaksanakan PLT di sekolah, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengenal lingkungan sekolah yang akan digunakan sebagai tempat magang terlebih dahulu melalui kegiatan observasi sekolah dan hasil dari kegiatan Observasi tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam perumusan program PLT yang akan dilaksanakan, analisis situasi dan kondisi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan sarana pemahaman karakter siswa, serta mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Waktu pelaksanaan dari kegiatan PLT ini adalah tanggal 15 September - 15 November 2017 dan bertempat di SMK 17 Magelang yang beralamat di Elo Jetis No.17 A, Magelang Utara. Kegiatan PLT diawali dengan observasi sekolah dan dilanjutkan pelaksanaannya yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing yang telah ditentukan. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan sekolah lainnya seperti pendampingan mengajar, kegiatan non mengajar, dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman mengajar di sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang handal dan profesional. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMK 17 Magelang ini dapat dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan akuntansi. Dalam pelaksanaan program - program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya doa, usaha, dan ikhtiar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY 2017, SMK 17 Magelang, Pendidikan Akuntansi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55910

Actions (login required)

View Item View Item