Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Organisasi WKSBM(Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat) Melalui Model Komunikasi Multitrack

Aminah, Shobichatul (2018) Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Organisasi WKSBM(Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat) Melalui Model Komunikasi Multitrack. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-shobichatul-aminah-15704251005.swf

Download (21B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tahapan partisipasi masyarat dalam pengembangan WKSBM melalui komunikasi. (2) bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan WKSBM melalui komunikasi. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pengembangan WKSBM melalui komunikasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah masyarakat Dusun Kromodangsan Desa Lumbungrejo, Kecamatan Tempel sebagai pendiri WKSBM, pengurus WKSBM, donatur WKSBM. Teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitan kualititaif ini adalah: (1) tahapan partisipasi masyarakat dalam pengembangan WKSBM melalui model komunikasi multitrack adalah pembentukan organisasi, sosialisasi WKSBM, pelaksanaan WKSBM, (2) bentuk- bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan WKSBM melalui komunikasi multitrack adalah kontribusi, tanggung jawab dan peran, (3) faktor- faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan WKSBM melalui Komunikasi Multitrack adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi adalah usia, pekerjaan dan komunikasi. Faktor eksternal yang muncul yaitu tanggapan dari masyarakat, kebijakan pemerintah dan kebermanfaatan WKSBM untuk masyarakat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komunikasi multitrack, partisipasi masyarakat, WKSBM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Feb 2018 04:27
Last Modified: 09 May 2019 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55832

Actions (login required)

View Item View Item