Pengembangan Media Belajar Interaktif untuk Discovery Learning pada Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan.

Damanik, Yan Mahesa (2018) Pengembangan Media Belajar Interaktif untuk Discovery Learning pada Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yan-mahesa-damanika-15722251002.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media belajar interaktif untuk membantu siswa dalam memahami materi uji kekerasan logam dan dapat digunakan di mana saja dan kapan saja dengan mudah, (2) mengetahui respon siswa dan guru terhadap media belajar interaktif yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Validitas media diuji dengan metode expert judgement. Media diuji oleh ahli materi yaitu dosen Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta dan ahli media yaitu dosen Teknologi Pendidikan. Uji coba produk dilakukan pada siswa Teknologi Pemesinan Kelas X SMK Negeri 1 Sedayu yang berjumlah 31 siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik materi uji kekerasan logam, dan pada guru mata pelajaran teknologi mekanik SMK Negeri 1 Sedayu. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, lembar analisis kebutuhan, angket penilaian produk untuk siswa, guru, dan ahli. Data dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan: (1) media belajar interaktif dalam bentuk aplikasi dengan ekstensi .apk dengan kapasitas sebesar 60 Mb dan digunakan sebagai sumber belajar uji kekerasan logam. Berdasarkan hasil uji coba produk, media belajar interaktif discovery learning secara keseluruhan memiliki kategori "sangat layak" dengan persentase 85,94% dari ahli media, dan 92,86% dari ahli materi. (2) berdasarkan hasil uji coba produk kepada pengguna yaitu siswa kelas X Teknik Pemesinan dan guru teknologi mekanik SMK Negeri 1 Sedayu, diketahui bahwa siswa memberikan respon yang baik terhadap media belajar interaktif yang telah dikembangkan dengan perolehan skor sebesar 66,23 atau 78,88%. Guru teknologi mekanik memberikan respon yang sangat baik terhadap media belajar interaktif yang telah dikembangkan dengan perolehan skor sebesar 72 atau 85,71%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia belajar interaktif, discovery learning
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Feb 2018 03:31
Last Modified: 09 May 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55765

Actions (login required)

View Item View Item