Pengaruh Bahan Ajar Modul Berbasis Model Analogi Terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Siswa TKR SMK Muhammadiyah Prambanan

Amiruddin, Muhamad (2018) Pengaruh Bahan Ajar Modul Berbasis Model Analogi Terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Siswa TKR SMK Muhammadiyah Prambanan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
1. TESIS PDF.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif pada mapel kelistrikan sistem pengapian, (2) peningkatan persepsi siswa pada mapel kelistrikan sistem pengapian, (3) keefektifan hasil belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, dan (4) keefektifan persepsi siswa terhadap mapel kelistrikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan nonequivalent control group design ini menggunakan sampel penelitian sebanyak 60 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelas. Satu kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa pemberian bahan ajar modul berbasis analogi dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, yakni ceramah. Di dalam bahan ajar modul ini terdapat materi, soal evaluasi, dan 8 macam konsep pada sistem kelistrikan pengapian yang dianalogikan menggunakan kaidah analogi FAR. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah 30 butir tes hasil belajar dan 13 butir angket persepsi siswa terhadap mapel kelistrikan. Uji prasyarat analisis meliputi normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov, dan uji homogenitas menggunakan Levene Test. Data dianalisis dengan gain score, mean dan uji-t parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul berbasis analogi dapat meningkatkan hasil belajar, ditunjukkan dari rerata gain score 3,14. (2) Modul berbasis analogi dapat meningkatkan persepsi siswa, ditunjukkan dari rerata gain score 5,86. (3) Kelas eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar, terbukti dari hasil uji-t parsial dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05) dan mean postes kelas eksperimen sebesar 5,87 lebih besar dibanding kelas kontrol sebesar 3,6. (4) Kelas eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan persepsi siswa, terbukti dari hasil uji-t parsial dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05) dan mean postes kelas eksperimen sebesar 39,17 lebih besar dibanding kelas kontrol sebesar 33,37. Kata Kunci: Modul Berbasis Analogi-FAR, Hasil Belajar, Persepsi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2018 07:06
Last Modified: 09 May 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55711

Actions (login required)

View Item View Item