Atika Maharani, Atika Maharani (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Atika Maharani.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Mahasiswa, khususnya mahasiswa kependidikan merupakan salah satu motor penggerak perubahan dunia. Melalui pemikiran-pemikiran kreatifnya, mahasiswa kependidikan akan membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat, sehingga perlu adanya bimbingan, pembinaan dan pelatihan bagi mahasiswa kependidikan khususnya agar perubahan yang diciptakannya bermanfat bagi orang lain. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri berbasis pendidikan yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina mahasiswanya yang dalam hal ini adalah tenaga kependidikan untuk menjalankan tugasnya secara profesional. Oleh karena itu, untuk membimbing, membina, dan melatih seta membentuk tenaga kependidikan yang profesional, UNY menyelenggarakan mata kuliah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk secara langsung mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya di bangku perkuliahan kepada masyarakat. Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngemplak, yang beralamat di Jangkang, Widodomartani, Ngemplak, Sleman dimulai pada tanggal 15 September 2017 dan diakhiri pada tanggal 15 November 2017. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan baik terbimbing ataupun mandiri sesuai dengan jadwal mengajar guru pembimbing, dalam hal ini adalah praktik mengajar prakarya untuk SMP kelas VII dan VIII. Materi ajar untuk kelas VII adalah kerajinan tekstil teknik makram, sedangkan materi ajar untuk kelas VIII adalah kerajinan bahan lunak, dalam hal ini adalah kerajinan bahan lunak tanah liat (keramik) teknik pijit atau pilin. Program PLT memberikan pengalaman mengajar secara langsung bagi mahasiswa, juga sebagai sarana untuk melatih dan mengembangkan potensi yang dimilikinya, sehingga diharapkan menjadi pendidik yang professional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing. Hasil akhir selama pelaksanaan program PLT di SMP N 1 Ngemplak ini adalah terciptanya benda kerajinan hasil karya siswa SMP kelas VII yang berupa gelang dengan teknik makram, sedangkan untuk kelas VIII adalah terciptanya benda kerajinan hasil karya siswa SMP dari tanah liat dengan teknik pijit atau pilin.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mahasiswa, PLT, SMP Negeri 1 Ngemplak, prakarya. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 07:43 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55600 |
Actions (login required)
View Item |