Annisa A Nurhayati, Annisa A Nurhayati (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ANNISA. IPS (1).pdf Download (725kB) | Preview |
|
|
Text
ANNISA. IPS (2).pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususnya dunia kependidikan sehingga dapat mengidentifikasi permasalahan dan dapat memberikan solusi yang berkaitan dengan dunia kependidikan. Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) ini merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa UNY yang mengambil jurusan kependidikan, dalam pelaksanaannya, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan tenaga pendidik, dalam hal ini adalah guru yang meliputi kegiatan praktek mengajar atau kegiatan kependidikan lainnya. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester khusus tahun 2017 ini adalah di SMP Negeri 2 Berbah yang bertempat di Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Program PLT ini dilaksanakan pada tanggal 15 September s.d. 15 November 2017. Mata pelajaran yang diampu adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII. Dalam program PLT ini penyusun mengampu semua kelas VII yang berada di SMP Negeri 2 Berbah yang berjumlah 4 kelas yaitu terdiri dari kelas VII A s.d. kelas VII D. Setiap minggunya masing-masing kelas bertemu dengan pelajaran IPS sebanyak dua kali, sedangkan setiap satu jam pertemuan menghabiskan waktu 40 menit. Oleh karena itu, penyusun dapat mengajar selama 16 jam setiap minggunya. Selain kegiatan mengajar, terdapat beberapa program kerja seperti mengikuti Upacara Bendera hari Senin dan Hari Khusus, pendampingan Ekstrakurikuler Bulutangkis, Budaya 6 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun dan Sayang), Pendampingan Pengajian Ahad Pahing, Penamaan Pohon, Pendampingan PTS, Jumat Bersih, Senam, Pendampingan Pramuka dan Pendampingan Iqra’. Selama dua bulan pelaksanaan Praktik lapangan Terbimbing (PLT) mahasiswa mendapat pengalaman dalam mengajar. Hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang nantinya akan menjadi guru yang profesional. Selain itu, pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dapat memberikan gambaran yang tepat tentang sejauh mana kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam melaksanakan proses mengajar sehingga dapat mengembangkan ketrampilan dan kemampuannya menjadi lebih baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLT,Mengajar,dan Siswa |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 03:58 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55566 |
Actions (login required)
View Item |