Ana MAghfuroh, Ana MAghfuroh (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING(PLT UNY 2017). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]() |
Text
LAPORAN PLT ANA BISMILLAH.docx Download (10MB) |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mencari pengalaman secara langsung dan menerapkan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. Penyelanggaraan kegiatan PLT ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Pada kegiatan PLT UNY kali ini untuk Prodi PG PAUD mengambil tempat di Kecamatan Berbah, tepatnya di TK Tunas Harapan yang diselenggarakan selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 15 September sampai dengan 18 November 2017. TK Tunas Harapan ini terletak di Dusun Candirejo, Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten SlemanTujuan dari kegiatan PLT ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja kelak selain itu kegiatan PLT bertujuan untuk menggali sebanyak-banyaknya ilmu yang ada di lingkungan sekolah secaara langsung sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pelaksannan PLT diawali dengan observasi lembaga pendidikan yang akan digunakan untuk PLT yaitu dengan melihat potensi yang ada disekolah tersebut yang meliputi tenaga pendidik, sarana dan prasarana, lingkungan dan bagaimana kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut, selanjutnya tahap pelaksannan PLT, sebelum melaksanakan kegiatan PLT mahasiswa telah dibekali pengalaman melelui mikro teaching agar pada pelaksanaan pengejaran mahasiswa dapat mengajar dan menerapkan ilmu yang dimilikinya, pelaksannan progam PLT yang meliputi progam pengajaran di sekolah, kegiatan pengajaran dilakukan di 2 kelas yaitu kelas A dengan jumah siswa 17 anak dan kelas B dengan jumlah siswa 15 anak. Masing masing mahasiswa memiliki kesempatan mengajar sebanyak 14 kali yaitu 6 kali kelas A dan 6 kali kelas B, dan 2 kali ujian, selain itu juga sebanyak 14 kali menjadi guru pendamping. Sedangkan program non kepengajaran yang dilaksanakan meliputi kegiatan perapian administrasi, pendampingan ekstrakurikuler, Pembaharuan Kebun Sekolah, penataan ruang UKS, Setting dan menghias kelas, field trip, dan perpisahan dan pembelajaran di Taman Pintar, Pendampingan pembuatan media untuk pameran, dan membatu pengisian dokumen akreditasi. Kegiatan PLT yang dilaksanakan di TK Tunas Harapan dapat berjalan secara lancar dan baik berkat bantuan semua pihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, Guru, peserta didik dan seluruh warga sekolah. Setelah pelaksanaan progam PLT mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan hasil kegiatan PLT yang telah diaksanakan selama dua bulan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLT, Pengajaran |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 03:01 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |