PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA KELAS VIII

Umami, Farida Riza and Sugiyono, Sugiyono (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA KELAS VIII. S1 thesis, Fakultas Matematika & IPA.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan prosedur ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP N 1 Kalibawang Kabupaten Wonosobo. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas perangkat yang dikembangkan yaitu lembar validasi oleh ahli, angket respon guru, angket respon siswa terhadap perangkat pembelajaran, dan tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan valid. Penilaian RPP oleh dosen ahli mendapatkan skor rata-rata 3,98 dari skor maksimal 5 dan penilaian LKS oleh dosen ahli mendapatkan skor rata-rata 4,02 dari skor maksimal 5. Hasil penilaian angket respon guru dan siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Hasil angket respon guru mendapatkan skor 3,2 dari skor maksimal 4 dan angket respon siswa mendapatkan skor rata-rata 3,21 dari skor maksimal 4. Hasil penilaian terhadap tes hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan sangat efektif karena persentase ketuntasan mencapai 81,8 % dengan rata-rata 83,6 dari skor maksimal 100.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, bangun ruang sisi datar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:29
Last Modified: 30 Jan 2019 15:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55426

Actions (login required)

View Item View Item