Metode Discovery Learning Pembelajaran Tematik Integratif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Percobaan dan Karakter Kreatif pada Siswa CIMIPA SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.

Indriyani, Rita (2018) Metode Discovery Learning Pembelajaran Tematik Integratif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Percobaan dan Karakter Kreatif pada Siswa CIMIPA SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rita-indriyani-15712259007.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan: (1) proses pembelajaran keterampilan menulis laporan percobaan dan karakter kreatif, dan (2) hasil keterampilan menulis laporan percobaan dan karakter kreatif melalui metode Discovery Learning pada siswa kelas V CIMIPA Ibnu Haitham SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas V CIMIPA Ibnu Haitham. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tugas, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan unjuk kerja menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan proses dengan metode discovery learning dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan percobaan dan karakter kreatif siswa kelas V CIMIPA Ibnu Haitham SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Peningkatan tersebut diketahui berdasarkan hasil observasi dan unjuk kerja menulis siswa. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil keterampilan menulis laporan percobaan, yaitu pada siklus I nilai rata- rata keterampilan menulis laporan percobaan I sebesar 74,88 meningkat pada siklus II menjadi 89,38. Persentase ketercapaian KKM pada siklus I sebesar 60% dan meningkat pada siklus II mencapai 96 % dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 24 siswa dan siswa tidak tuntas sebanyak 1 anak. Peningkatan proses dan hasil karakter kreatif siswa mengalami peningkatan, yaitu siklus I sebesar 74,36 dan meningkat pada siklus II sebesar 84,82. Ketercapaian KKM pada karakter kreatif di siklus I sebanyak 64 % meningkat pada siklus II menjadi 100 %. Hal ini menunjukkan ketuntasan klasikal siswa telah tercapai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, discovery learning, karakter kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Feb 2018 08:41
Last Modified: 09 May 2019 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55360

Actions (login required)

View Item View Item