Ali Khusmal Jaelani, Ali Khusmal Jaelani (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
14601241086_ALI KHUSMAL JAELANI_PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI_FIK.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoretis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PLT ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PLT ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PLT langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 1 Prambanan Klaten, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 September 2017 hingga tanggal 15 November 2017. Selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut Mahasiswa PLT sudah diberi jadwal dan guru pendambing yang sudah ditentukan sebelumnya. Dalam pengajaran di kelas pada kegiatan PLT ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali tatap muka, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 19 kali dalam seluruh mengajar kelas VII, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 8 kelas, yaitu kelas VIII A, VII B, VII C, VII D, VII F, VII G, dan VII H. Metode yang digunakan dalam pembelajaran di kelas antara lain, komando,saintifik, resiprokal, dan diskusi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar dan mode dan video. Terdapat banyak kendala dan hambatan dalam pelaksanaan PLT, baik vii yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya pengelolaan kelas yang kurang bisa dikendalikan, karena peserta didik masih terbiasa dalam jenjang Sekolah Dasar sehingga perlu ada penyesuaian terhadap peserta didik. Adanya kegiatan PLT ini, penyusun mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di Sekolah Menengah Pertama (SMP.) Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PLT dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan, PLT, SMP N 1 Prambanan |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 07:43 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55260 |
Actions (login required)
View Item |