Arif Bagus Saputro, Arif Bagus Saputro (2017) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
14504244006_Arif Bagus Saputro_Laporan PLT SMK MUH 1 SLEMAN.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa calon guru untuk mengenal dunia keguruan secara nyata sebelum mereka benar-benar terjun di dalamnya dengan maksud agar mahasiswa mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal dan lembaga pendidikan non formal. Secara umum, tahapan pelaksanaan PLT meliputi tahap pembekalan, penerjunan, praktik mengajar, dan penarikan. Pelaksanaan program PLT dimulai dari tanggal 18 September 2017 sampai 18 November 2017 di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Sebelum Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan terlebih dahulu dilakukan observasi lapangan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi sekolah, sarana prasarana yang ada di sekolah, mengetahui metode guru dalam mengajar, dan juga untuk mengetahui kondisi kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sebelum praktik mengajar dimulai terlebih dahulu harus membuat administrasi guru (program semester, program tahunan, perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat RPP, membuat materi ajar, membuat media pembelajaran, dan evaluasi). Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas X dan XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dengan total jam pertemuan dikelas adalah 120 jam pelajaran atau 30 kali tatap muka. Selain kegiatan praktik mengajar ada juga kegiatan yang lain yaitu menginput data buku perpustakaan dengan menggunakan aplikasi senayan , piket pelajaran, dan bakti sekolah (menyalami dan menyapa siswa/siswi). Secara keseluruhan Program PLT dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PLT bermanfaat untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki bekal, wawasan mengajar, tambahan ilmu dan pengalaman bagaimana menjadi seorang guru yang sebenarnya. Kemudian juga menambah keterampilan dalam mengelola kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLT UNY, SMK Muhammadiyah 1 Sleman, TKR |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 31 Jan 2018 03:08 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55199 |
Actions (login required)
View Item |