PENGEMBANGAN PHYSICS EDUCATION PUBLISHING (PEPSHI) SEBAGAI INTERACTIVE MOBILE LEARNING BASED CULTURAL CHARACTERISTIC UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SMA/MA

Heru, Kuswanto and Dr. Ratna, Wulandari (2017) PENGEMBANGAN PHYSICS EDUCATION PUBLISHING (PEPSHI) SEBAGAI INTERACTIVE MOBILE LEARNING BASED CULTURAL CHARACTERISTIC UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SMA/MA. Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana 2017.

[img]
Preview
Text
ABS.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupkan payung penelitian yang melibatkan mahasiswa magistr Penidikan Fisika dalam menyelesaiakn tesis. Tujuan penelitian adalah mengembangkan sumber belajar digital (SBD) berkualitas berbasis android yang diberi nama PEPSHI (Physics Education Publishing) sebagai media pembelajaran interaktif Based Cultural Characteristic. Android sebagai salah satu produk teknologi yang dapat menjadi tren saat ini dianggap sebagai sebuah media penyampaian pembelajaran interaktif yang tepat untuk siswa tingkat SMA/MA karena hampir setiap siswa menjadikannya sebagai barang yang tidak pernah lepas dari kesehariannya. Penanaman nilai karakter budaya bangsa dalam PEPSHI menjadi penting sebagai salah satu upaya mendekatkan siswa dengan budaya agar tidak terkikis oleh perkembangan arus teknologi. PEPSHI diharapkan dapat membentuk lingkungan belajar yang dapat diakses di mana saja, dari mana saja, dan kapan saja dengan demikian diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang memberikan kontribusi dan solusi dalam menjawab permasalahan pembelajaran khususnya fisika dan meningkatkan kualitas mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Metode penelitian guna mencapai tujuan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D) dari (Barg & Gall, 1983). Melalui tahapan pengembangan, maka akan diperoleh keluaran berupa suatu media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan teknologi android yang diberi nama “Physics Education Publishing (PEPSHI)” sebagai media pembelajaran interaktif Based Cultural Characteristic. Hasil penelitian berupa media pembelajaran berbantuan android dengan sumber belajar siter, rebab, othok-othok, dokar dan kincir air. Penelitian Tim Pasca Sarjana pada tahun kedua ini telah menghasilkan lima lulusan Magister Pendidikan Fisika.. Satu artikel telah accepted untuk publikasi Januari 2018 di International Journal of Instruction (terindeks Scopus, SJR Q3). Satu artikel sudah revisi hasil masukan reviuer pada jurnal International Journal of Instruction. Satu artikel sudah disubmit ke The Turkish Online Journal of Educational Technology. Dua artikel (sudah dalam bahasa Inggris) sedang perbaikan untuk disubmit. Pada tahun ini juga satu makalah disajikan pada proceeding Internationan Conference in research of science and math educations (ICRIEMS) yanng terindeks Scopus. Empat usulan produk diterima untuk memperoleh Hak Cipta dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Hibah Pascasarjana 2017
Uncontrolled Keywords: PEPSHI (Physics Education Publishing), media pembelajaran interaktif, android, Cultural Characteristic
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 06:16
Last Modified: 02 Jan 2018 06:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54700

Actions (login required)

View Item View Item