Budi, Astuti and Sugiyatno, M.Pd, . and Siti, Aminah (2017) PENGEMBANGAN MODUL KARAKTER TANGGUNG JAWAB UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA. Artikel Penelitian Pendidikan Karakter 2017.
|
Text
Abstrak IN.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract EN.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui profil kemandirian belajar mahasiswa dan (2) menghasilkan modul karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian sejumlah 248 mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling FIP UNY yang diperoleh dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kemandirian belajar. Analisis data menggunakan uji rerata. Hasil need assessment digunakan sebagai acuan untuk menyusun modul karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profil kemandirian belajar mahasiswa meliputi 39 mahasiswa berada pada kategori tinggi dan 209 mahasiswa berada pada kategori sedang; dan (2) modul karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa telah dihasilkan. Modul terdiri dari 12 materi yaitu: berani menanggung konsekuensi, melatih kontrol diri, merencanakan dan menentukan tujuan, memiliki sikap positif, melakukan kewajiban, mandiri, berusaha mencapai kesempurnaan, bersikap proaktif, bersikap tekun, bersedia merenung, memberikan contoh yang baik, dan mempunyai otonomi moral. Modul telah divalidasi dan direvisi sehingga dinyatakan layak untuk digunakan.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Laporan Hasil Penelitian Pendidikan Karakter 2017 |
Uncontrolled Keywords: | karakter tanggung jawab, kemandirian belajar, mahasiswa |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 02 Jan 2018 03:06 |
Last Modified: | 02 Jan 2018 03:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54657 |
Actions (login required)
View Item |