PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH PENILAIAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)

Poerwanti Hadi, Pratiwi and Nur, Hidayah and Aris, Martiana, S.Pd., M.Si. (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH PENILAIAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS). Artikel Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah modul penilaian HOTS dapat menjadi rujukan/panduan dalam menyusun soal-soal HOTS; (2) bagaimana kualitas soal-soal HOTS yang dihasilkan melalui ujicoba luas (lapangan); dan (3) apa saja saran/masukan dari para stakeholder untuk penyempurnaan akhir modul penilaian HOTS. Penelitian ini termasuk penelitian riset dan pengembangan (R & D). Modul yang diujicoba adalah produk dari penelitian tahun pertama, yaitu Modul Penyusunan Instrumen Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang diperuntukkan bagi mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNY yang mengambil matakuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi. Subjek penelitian adalah guru sosiologi SMA di Kota Yogyakarta. Modul dapat menjadi rujukan/referensi bagi guru-guru Sosiologi selama pelatihan berlangsung. Namun, sumber belajar lain tetap diperlukan terutama dalam menentukan stimulus yang tepat untuk mengembangkan soal-soal HOTS. Penyempurnaan dilakukan dengan: (1) merevisi kata dan/atau kalimat yang sulit dipahami, (2) menambahkan bab tentang implementasi penilaian HOTS dalam Kurikulum 2013; menambahkan contoh soal untuk C4, C5, C6; dan menambahkan penjelasan tentang karakteristik siswa yang bagaimana yang dapat mengerjakan soal-soal berbasis HOTS.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Sosiologi, Higher Order Thinking Skills (HOTS), SMA
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 02:28
Last Modified: 02 Jan 2018 02:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54654

Actions (login required)

View Item View Item