LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Dian Kartika Sari, Dian Kartika Sari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PLT_DIAN KARTIKA SARI_PTI_14520244012.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan non formal serta masyarakat adalah melalui Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Program PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran sebagai tempat pelaksanaan program PLT pada tahun 2017 ini adalah di lingkungan sekolah, yaitu seluruh warga sekolah SMK Negeri 1 Bantul khususnya seluruh peserta didik SMK Negeri 1 Bantul. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 – 15 November 2017. Sedangkan kompetensi yang diampu adalah Dasar Desain Grafis (kelas X TKJ 1, X TKJ 2, X RPL 1, X RPL 2), Komputer Terapan (kelas XI TKJ 1, XI TKJ 2), dan Jaringan Nirkabel (kelas XII TKJ 1, XII TKJ 2). Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain: pembuatan administrasi guru, persiapan sebelum mengajar meliputi penyusunan RPP, penyusunan materi ajar, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, dan evaluasi. Secara keseluruhan, pelaksanaan PLT dapat berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan yang berarti. Mahasiswa praktikan berhasil melaksanakannya sebanyak 482,25 jam dengan demikian mahasiswa praktikan telah memenuhi jam minimum yang ditentukan oleh pihak universitas yakni 256 jam. Kegiatan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi juga berjalan dengan baik. Mahasiswa telah menyusun persiapan PLT berupa administrasi guru secara lengkap. Dari kegiatan PLT ini mahasiswa praktikan dapat memperoleh pengalaman yang sangat berharga terutama dalam bidang pembelajaran dan pendidikan. Hambatan-hambatan selama pelaksanaan diharapkan dapat menambah pengalaman mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi diri dibidang pendidikan. Selain itu kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara pihak sekolah dan pihak universitas diharapkan dapat terjalin lebih erat dan dapat ditingkatkan lagi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMK N 1 Bantul, Dasar Desain Grafis, Komputer Terapan, Jaringan Nirkabel
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 07:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54529

Actions (login required)

View Item View Item