Darmiyati Zuchdi, Prof. Ed.D (2010) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN KOMPREHENSIF, TERPADU DALAMPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA, IPA, DAN IPS DI SEKOLAH DASAR. [Experiment/Research]
Text
02_Darmiyati_Zuchdi.doc Download (53kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pendidikan karakter dengan pendekatan komprehensif, meliputi domain kognitif, afektif, dan perilaku, dengan metode inkulkasi, keteladanan, dan pengembangan habit, yang terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS, disertai pengembangan kultur sekolah yang kondusif. Penelitian payung berupa penelitian pengembangan, dengan tahapan: I. Kajian teori dan hasil penelitian, II. Pembuatan desain penelitian, III. Ujicoba terbatas, IV. Pilot project, dan V. Diseminasi. Penelitian dilaksanakan dalam periode 3 tahun, ujicoba terbatas (tahun pertama), pilot project (tahun kedua), dan diseminasi model pendidikan karakter yang sudah teruju (tahun ketiga). Penelitian dosen tim peneliti berupa pengembangan kultur sekolah, sedangkan penelitian mahasiswa S2 berupa pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Penelitian tahun pertama (ujicoba terbatas) dlaksanakan pada tahun 2009 di 4 SD/MI negeri dan swasta di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta di Provinsi DIY, berupa eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan karakter dengan pendekatan komprehensif, yang terintegrasi dalam pembelajaran terbukti efektif untuk meningkatkan baik hasil studi maupun karakter peserta didik. Demikian juga terjadi peningkatkan kualitas kultur sekolah, namun intervensi yang berupa “Warung Kejujuran” dianggap kurang sesuai karena sekolah merasa repot melaksanakannya. Pada tahun kedua (pilot project), yang dilaksanakan pada tahun 2010, model direvisi dalam hal intervensi untuk pengembangan kultur. “Warung Kejujuran” diganti dengan “Penyediaan Kotak Pengembalian Barang Temuan”, “Laporan Ketua Kelas”, dan “Refleksi Mengenai Kepemimpinan Kepala Sekolah”. Selanjutnya model diuji dengan penelitian tindakan, dengan subjek uji model yang lebih luas dan bervariasi karakteristiknya, di 6 sekolah di kabupaten Bantul, Kulonprogo, dan Gunungkidul. Penggunaan penelitian tindakan dimaksudkan agar model pendidikan karakter dengan pendekatan komprehensif diterapkan di sekolah secara partisipatif dan kolabortif, sehingga lebih terjamin keberlanjutannya. Hasil penelitian tahap kedua (2010) menunjukkan bahwa model pendidikan karakter dengan pendekatan komprehensif, yang dipadukan dengan pembelajaran bidang studi dan dilandasi pengembangan kultur sekolah, dapat meningkatkan hasil studi, kualitas karakter peserta didik, persepsi mengenai suasana sekolah yang kondusif, serta kualitas kepemimpinan kepala sekolah. Strategi yang digunakan bervariasi, yang termasuk metode inkulkasi nilai, keteladanan, fasilitasi nilai, dan pengembangan soft skills. Program pembelajaran meliputi yang bersifat kurikuler dan kokurikuler. Aktor pendidik meliputi pimpinan sekolah, guru, dan juga melibatkan pertisipasi orang tua murid. Tempat berlangsungnya pendidikan di dalam dan di luar kelas, termasuk di lingkungan keluarga, bahkan seharusnya juga di lingkungan masyarakat. Produk penelitian tahun kedua ini berbentuk draf awal buku model pendidikan karakter dengan pendekatan komprehensif, yang terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi, dilandasi pengembangan kultur sekolah. Berdasar temuan ini, akan dilanjutkan penelitian tahun ketiga (2011), yaitu diseminasi di berbagai SD/MI di seluruh DIY, dengan lokasi dan karakteristik sekolah yang lebih bervariasi, sebagai dasar penyempurnaan buku model pendidikan karakter dan pengajuan usul kebijakan mengenai implementasi model pendidikan karakter kepada Dinas Dikpora Provinsi DIY dan Kementerian Pendidikan Nasional.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 15:05 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5439 |
Actions (login required)
View Item |