LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Buana Yudha Perkasa, Buana Yudha Perkasa (2017) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PLT_BUANA YUDHA PERKASA_14102241042.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib tempuh dan wajib lulus bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil konsentrasi kependidikan termasuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. PLT disiapkan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam mengajar dan mengetahui kondisi pendidikan di lapangan melalui praktik mengajar di lembaga. Laporan ini berisi tentang pelaksanaan PLT oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pengetahuan, Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017. Kegiatan PLT dilaksanakan di Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Bantul Kabupaten Bantul yang beralamatkan di Jalan Imogiri Barat Km.7, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta selama kurang lebih dua bulan yaitu mulai tanggal 16 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Program kerja yang sedang berjalan di SPNF SKB Bantul antara lain, TK (Taman Kanak-kanak) Prima Sanggar, KB (Kelompok Bermain) Prima Sanggar, TPA (Taman Pengasuhan Anak) Prima Sanggar, Kursus Tata Busana, Kursus Tata Boga, TBM Keliling, ISO, Program Kesetaraan Paket C ( Kelas XII), Program Kesetaraan Paket B (Kelas 8 dan 9), Program Kesetaraan Paket A ( Kelas IV, V, dan VI) UK (Uji Kompetensi) Hantaran, TUK Rias Pengantin, dll. Dalam PLT ini mahasiswa dituntut melakukan praktik mengajar minimal 8 kali mengajar, dan telah terpenuhi melalui kegiatan program kerja PLT yang telah terlaksana yaitu mengajar KB, TPA, Kesetaraan Paket B, Kesetaraan Paket C, Parenting Pelatihan Bento, Pelatihan Membuat Souvenir, Pelatiahan Membuat Boneka Tangan, Life Skill Membuat Celengan, Program Read Aloud, dan Outbound (Fun Games). Pelaksanaan PLT terdiri dari persiapan yaitu Micro Teaching, Pembekalan PLT, Observasi, Rumusan Program, Pembuatan RPP dan RPPH, Persiapan Pra Program, dan penerjunan ke lembaga. Langkah selanjutnya yaitu pelaksanaan program dan evaluasi. Hasil pengamatan selama kegiatan PLT antara lain metode dan pendekatan yang digunakan dalam mengajar berbeda-beda sesuai dengan sasaran/peserta didik, seperti Anak PAUD, metode yang digunakan adalah bermain sambal belajar, Kesetaraan menggunakan metode teman sebaya, parenting menggunakan metode pendidikan orang dewasa, dll. Setiap warga belajar memiliki karakteristik yang berbeda termasuk minat, kebutuhan, dan kemauan belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SPNF SKB Bantul, Program Kerja
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Dec 2017 08:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54383

Actions (login required)

View Item View Item